Kisah Peter Casey Pejuang Jihad Amerika Serikat yang Ramah dan Lemah Lembut

Kisah Peter Casey Pejuang Jihad Amerika Serikat yang Ramah dan Lemah Lembut - Peter Casey, berlatar belakang Yahudi-Kristen. Namun pencarian spiritual pemuda berusia 23 tahun ini bermuara pada Islam. Pada usia 15 tahun, lulusan Queens College ini memutuskan bersyahadat.




Kini namanya dikenal secara luas baik di negerinya, Amerika Serikat, maupun dunia internasional setelah pengakuannya memilih Islam tersebar luas di jagat maya.

Peter Casey Pejuang Jihad Amerika Serikat

Jihad untuk mengibarkan ajaran Alloh memang banyak caranya. Kita berjihad tidak selalu berkelahi dan merusak. Karena kehidupan itu lusa dan cara yang damai adalah cara terbaik untuk membagikan rahmat Alloh kepada seluruh umat manusia. Yang kita sampaikan adalah rahmat Alloh melalui islam dan bukan organisasi agama.

Alih-alih takut akan keselamatan nyawanya mengingat fobia Islam kembali mengental di AS menjelang peringatan tragedi 11 September, ia malah rajin menunjukkan keyakinan barunya di depan publik.

  • Perjuangan Menunjukkan Keislaman di Amerika Serikat
Tentunya di Amerika Serikat tidak ada pamer ke keimanan seperti kita di Indonesia. Karene nyaris kita hidup dalam lingkungan non-muslim. Ia misalnya, selalu pergi ke masjid setiap hari dengan ‘menumpang’ skateboard-nya — gaya khas anak muda AS. Ia juga jarang berpikir dua kali untuk melakukan ibadah shalat di Starbuck, jika kebetulan ia tengah nongkrong di sana dan waktu shalat telah tiba.

Pria bermata biru ini mengaku pantang menyembunyikan identitas keislamannya. Sebaliknya, ia mengatakan ia berusaha untuk “menantang stereotip dan kesalahpahaman” orang lain di sekitarnya tentang Islam.

Sebagai seorang mualaf yang dibesarkan di pinggiran kota dengan latar belakang Yudeo-Kristen,  Casey berada dalam posisi yang sebetulnya ‘mustahil’ untuk melakukannya. Namun, itulah tekad Casey; membuat orang belajar menerima seorang Muslim apa adanya, mulai dari cara dia berpenampilan, berbicara, dan bertindak.

  • Pelajaran Paripurna dari Agama Katolik dan Yahudi
Casey dibesarkan di pinggiran Long Island oleh ibu yang beragama Yahudi dan ayah Katolik. Ia tumbuh dalam keluarga yang bertolak belakang dalam melihat Yesus. Di satu sisi, kekristenan berbicara tentang Yesus sebagai Allah Putra, Allah Bapa, dan roh Kudus. Di sisi lain, Yudaisme berbicara tentang Yesus sebagai seorang mesias palsu.

“Saya merasa ada dua hal ekstrem di sana, dan saya mempelajari keduanya,” kata  Casey.

Dan kemudian, pasca-serangan 11 September 2001, pemahaman mulai berubah. Dia baru berusia 13 tahun saat dua menara kembar WTC itu runtuh. Sejak itu, ia rajin berselancar di dunia maya mengorek isi ajaran Islam — yang pada awalnya dituduhkan berada di balik serangan itu. Ia menemukan doktrin yang lebih masuk akal tentang Yesus: dia seorang nabi, seorang pria yang menyampaikan firman Allah. Tidak lebih, tidak kurang.

“Ketika saya mulai belajar tentang Islam, saya seperti:” Ini dia. Ini adalah agama itu,” katanya.

Dua tahun kemudian, pada usia 15 tahun, ia masuk Islam. (Orang tuanya menolak memberikan komentar untuk cerita ini).

  • Meluruskan kecurigaan publik AS pada Islam
Seperti kisah Rasululloh dulu bahwa para kafir quraish berlaku buruk kepada beliau maka beliau mengerti bah hal ini karena mereka belum mengerti Islam. Demikian juga di Amerika Serikat saat ini. Mereka warga Amerika Serikat belum mengerti Islam. Semoga Alloh, SWT juga membagikan rahmat Ke-Islaman kepada mereka suatu saat nanti.

Sejak masuk Islam, pria yang baru-baru mulai mengajar sejarah di sebuah sekolah Islam di Brooklyn, telah berupaya untuk meluruskan kecurigaan publik AS pada Islam. Tak hanya melalui perbuatan — seperti bershalat di tempat umum dan ramah pada siapa saja — ia juga aktif berdakwah melalui blog-nya yang bertajuk ‘Dawah Addict’. Tema-tema seperti ‘Muhammad dalam Alkitab’ dan ‘Bagaimana Menjadi Seorang Muslim’ diulasnya tanpa canggung.

“Ketika saya pertama kali menjadi Muslim, dan masih terdengar hingga hari ini, orang-orang berkata,’Mengapa tidak ada lebih banyak Muslim yang mengatakan terorisme adalah buruk? Mengapa tidak ada Muslim di luar sana mengatakan tentang Islam yang sebenarnya?’,” kata Casey. “Dan saya pikir, yah, saya akan melakukannya jika tidak ada orang lain yang akan melakukannya.”

Saluran Casey di YouTube memiliki lebih dari 5.000 pelanggan dan hampir setengah juta pengunjung. Meskipun pendengarnya terus tumbuh, dia juga mengalami hambatan, antara lain berbagai bentuk komentar marah dan sanggahan.

Namun, dia tak surut ke belakang. Alasannya sederhana: “Saya merasa seperti saya memiliki tanggung jawab kepada orang-orang di Amerika,” katanya, “Karena ini adalah tempat saya tumbuh dan ini adalah rumah saya, dan saya ingin berbagi apa yang membuat saya sangat bahagia dan telah membawa saya kedamaian begitu banyak.”

Bagaimana dengan kita yang sudah muslim sejak kecil dan hidup dinegara yang memuliakan Islam. Jangan berpangku tangan karena itu menyia-nyiakan karuniah besar Alloh yang diberikan kepada kita yang berupa Islam yang telah kita peluk.

Mari kita selau berjihad di dalam hati untuk menjaga Ke-Islaman, Ke-Imanan, dan Ke-Taqwaan kita. kawanku para pemuda muslim Indonesia,.. Tegakkan Islam dalam hati kalian masing-masing. Lihatlah... Peter Casey saja berani meskipun dia sendirian berjuang di negara yang tidak mengenal Islam.

Related Posts:

Jumlah Muallaf Prancis Meningkat Pesat Setelah Peristiwa Charlie Hebdo

Jumlah Muallaf Prancis Meningkat Pesat Setelah Peristiwa Charlie Hebdo - Jumlah mualaf di Perancis meningkat secara signifikan setelah aksi Jihad di kantor media penghina Islam, Charlie Hebdo. Laporan yang disampaikan Imam Perancis, semakin banyak orang datang ke masjid dan mengucapkan Syahadat.


Media membuat kasus Charlie Hebdo memberi perspektif negatif tentang Islam. Tetapi, di lain pihak ada sebagian orang yang justru semakin tertarik menjadi Muslim.

“Ini (tragedi Charlie Hebdo) membuat saya ingin memeluk Islam,” kata seorang remaja tidak bersedia disebut namanya, setelah memeluk Islam, mengutip RTL Radio (18/02).

Jumlah Mualaf Meningkat dan Berlipat

Menurut data yang dimiliki stasiun radio tersebut, Masjid Besar Perancis telah mengeluarkan 40 sertifikat mualaf awal tahun ini. Padahal, di waktu yang sama tahun lalu, jumlah sertifikat mualaf yang dikeluarkan hanya 22 buah, 50 persen dari jumlah sekarang.

Sementara itu, persentase peningkatan jumlah mualaf tertinggi berasal dari Strasbroug dan Aubervilliers, mencapai masing-masing 30 persen. Sedangkan Lyod mengalami peningkatan jumlah mualaf mencapai 20 persen.

Peningkatan jumlah tersebut membuat para imam Masjid Besar Perancis terkejut. Sebab, jumlah tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. Di samping itu, para mualaf tersebut memiliki latar belakang profesi mulai dari dokter, kepala sekolah, dan polisi.

Beberapa bulan lalu, serangan terhadap Charlie Hebdo menewaskan sebanyak 17 orang korban. Para pemimpin dari negara-negara dunia mengutuk keras penyerangan tersebut sedangkan jika terjadi pembunuhan terhadap orang Islam mereka diam saja.

Tetapi, mendapat pembelaan tersebut, Charlie Hebdo justru membuat tindakan lebih provokatif dengan menerbitkan karikatur Nabi Muhammad. Hal itu memicu kecaman dari Muslim Perancis.

Usai tragedi tersebut, direktur di Perancis Isabelle Matic menyatakan memeluk Islam. Pernyataan tak terduga itu ia keluarkan beberapa hari setelah terjadinya serangan di kantor media Charlie Hebdo.

Related Posts:

Daftar 3 Indikator Forex Terbaik dan Akurat Menghasilkan Profit

Daftar Indikator Forex Terbaik dan Akurat Menghasilkan Profit  - Semua Trader Forex yang sudah sukses dan senior hampir pasti menggunakan Indikator-Indikator Terbaik dan mereka Indikatornya juga nyaris sama antara satu dengan lainnya.

Indikator forex adalah alat yang dipergunakan untuk membuat prediksi, yaitu menentukan arah pergerakan harga mata uang sebelum trader menentukan posisi “beli” atau “jual”. Dalam platform trading online, terdapat berbagai macam indikator trading sehingga menimbulkan kebingungan terutama bagi para trader pemula untuk menentukan indikator yang tepat sebagai dasar pengambilan keputusan.

Untuk Menghilangkan kebingungan kita dalam memilih Indikator mana sebenarnya yang paling banyak digunakan oleh para trader besar yang tentu saja ini mengindikasikan sebagai Indikator terbaik dan akurasinya tinggi.

Daftar Indikator Forex Terbaik dan Akurat Menghasilkan Profit

Moving Average (MA)

Ini adalah indikator yang paling umum digunakan atau paling standar. Metode ini dapat dikatakan sebagai pengembangan metode dasar yang dulu kita pelajari di bangku sekolah. Meskipun demikian, Moving Average mempunyai penerapan dalam bidang yang luas.


MA dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis indikator forex akurat, yakni: Exponential Moving Average, Simple Moving Average, dan Weighted Moving Average. Banyak Trader besar yang mempertimbangkan MA dalam sebuah kombinasi tertentu. Misal SMA 100, SMA 20, dan SMA 7. Ini adalah kombinasi SMA lengkap untuk melihat pergerakan jangka pendek sekaligus jangka panjang.

Para trader besar selalu memperhatikan tren jangka panjang sehingga SMA 200 dan 100 seperti sebuah keharusan.

Catatan:  Ada sangat banya kombinasi ukuran MA dan jenis MA yang dibunakan oleh para trader. Jadi Anda bisa mempelajari MA dengan lebih mendalam terlebih dahulu sebelummemutuskan kombinasi MA yang bagaimanakah yang terbaik.

Bolinger Bands

Pita Bollinger atau Bollinger Bands adalah salah satu indikator forex untuk membaca pergerakan harga pada pasar uang yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Indikator yang ditemukan oleh John Bollinger pada tahun 80-an ini adalah pengembangan dari prinsip pita perdagangan untuk menentukan batas ketinggian dan batas kerendahan harga indeks saham terhadap harga sebelumnya secara relatif.


Untuk menggunakan indikator Bollinger ini, para trader juga harus menggunakan indikator yang lain karena grafik ini tidak dapat digunakan sendiri. Indikator pendamping yang disarankan digunakan bersama dengan indikator Bollinger adalah indikator RSI (Relative Strength Index).

Terdapat beberapa grafik pada indikator forex Bolinger, yaitu:
• Grafik garis bawah, yakni K kali periode N standar deviasi di bawah garis menengah
• Grafik garis atas, yakni K kali periode N standar deviasi di atas garis menengah, dan
• Grafik garis tengah yang merupakan periode N dari pergerakan sederhana. Nilai khusus untuk K dan N masing-masing adalah 2 dan 20.

Catatan:  Pada umumnya trader menggunakan BB dengan setting aslinya tapi untuk tujuan tertentu ada juga trader yang sudah memahami BB denganb baik bisa memaksimalkan penggunaan BB dengan setting khusus.

Parabolic SAR

Indikator forex akurat Parabolic SAR dikembangkan dengan fungsi untuk menganalisa trend pasar. Data ditampilkan dalam bentuk grafik harga hampir sama dengan indikator teknik rata-rata pergerakan.

Bedanya, indikator Parabolic SAR dapat mengubah posisi harga dan bergerak dengan akselerasi yang lebih tinggi. Jika trend sedang turun (market Bearish), indikator dapat diposisikan di atas harga; sementara itu, jika trend naik (market Bull), indikator sebaiknya diletakkan di bawah harga.


Indikator akan berubah saat harga melewati garis Parabolic SAR, sehingga nilai berikutnya diposisikan bertentangan dengan harga. Harga maksimal atau minimal dianggap sebagai titik pertama periode sebelumnya saat indikator berubah.

Trend dianggap sudah usai atau akan mengalami perubahan pola jika terjadi perubahan pada indikator. Indikator Parabolic menentukan titik keluar dari market. Tutuplah posisi “buy” saat harga turun di bawah garis SAR, dan sebaliknya bila harga meningkat di atas garis SAR, maka Anda harus menutup posisi “sell”.

Indikator ini sering digunakan sebagai garis trailing stop. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa saat trend sedang naik yang ditunjukkan dengan titik Parabolic SAR di bawah harga maka Anda sebaiknya melakukan penjualan, tetapi jika titik Parabolic SAR berada di atas harga maka Anda direkomendasikan membuka posisi “sell”, karena trend pada market sedang turun.

Catatan: Jika dikombinasikan dengan MA maka Parabolic SAR bisa memberikan akurasi yang sagat bagus. Memang dalam Penggunaanya kita perlu  indikator filter.

Indikator apa yang sesuai untuk anda?

Sedikit tips untuk mendapatkan indikator forex akurat, yaitu Anda harus dapat memahami dengan mudah isi perjalanan signal yang terdapat pada indikator. Selain itu, coba tanyakan kepada diri sendiri apakah suatu indikator forex mudah dipahami, cukup sederhana menurut Anda, dan tidak menyulitkan dalam penggunaannya?

Jika ketiga point tersebut telah terpenuhi berarti Anda sudah menemukan indikator forex yang sesuai bagi Anda. Kegiatan trading akan semakin menyenangkan jika Anda telah menemukan kenyamanan dengan suatu indikator tertentu sehingga bahkan bisa mengubah kelemahan indikator tersebut menjadi suatu kelebihan. Jangan putus asa dalam berlatih dan semoga sukses!

Related Posts:

Daftar Judul Skripsi Teknik Kimia Karbon Terbaru Lengkap Mudah Dikerjakan

Daftar Judul Skripsi Teknik Kimia Karbon Terbaru Lengkap Mudah Dikerjakan - Ini adalah daftar judul skripsi teknik kimia yang khusus membahas tentang KARBON. Jadi apapun yang berkenaan dengan karbon saya sajikan dalam daftar judul skripsi di bawah ini.


Dengan cara ini saya berharap temen-temen bisa mendapatkan kumpulan judul skripsi yang temen-temen butuhkan dengan mudah dan cepat. Baiklah langsung saja kita menuju dftar skripsi teknik kimia tentang KARBON berikut ini.

Daftar Judul Skripsi Teknik Kimia Karbon Terbaru Lengkap Mudah Dikerjakan

HIDROGEN DARI GLISEROL DENGAN KATALIS KARBON AKTIF DAN Ni/HZSM-5 DENGAN METODE PEMANASAN KONVENSIONAL

PEMANFAATAN BENTONIT DAN KARBON SEBAGAI SUPPORT KATALIS NiO-MgO PADA HIDROGENASI GLISEROL

PREDIKSI SOLUBILITAS GAS CO2 DI DALAM LARUTAN POTASSIUM KARBONAT (K2CO3) DAN AMINE (DEA, MEA) MENGGUNAKAN MODEL ELEKTROLIT UNIQUAC

SINTESIS KOMPOSIT SILIKA-KARBON DARI GEOTHERMAL SLUDGE

PEMBUATAN POLYURETHANE FOAM BERBASIS CASTOR OIL MENGGUNAKAN BLOWING AGENT KARBONDIOKSIDA

PEMBUATAN SILIKA GEL DARI ABU BAGASSE YANG DICANGKOK GUGUS AMINE SECARA IN-SITU SEBAGAI ADSORBEN GAS KARBON DIOKSIDA

VARIASI RASIO CAMPURAN TRICHODERMA VIRIDE DAN ASPERGILLUS NIGER PADA BIOLOGICAL TREATMENT DAN STEAM TREATMENT UNTUK TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI SUMBER KARBON ORGANIK BIOFUEL

PEMBUATAN KARBON AKTIF DARI ARANG TEMPURUNG KELAPA DENGAN PENAMBAHAN ZAT PENGAKTIF

PENGARUH PENAMBAHAN ASAM BORAT (H3BO3) TERHADAP SOLUBILITAS CO2 DALAM LARUTAN KALIUM KARBONAT (K2CO3)

PEMBUATAN SILIKA GEL DARI ABU BAGGASE YANG DICANGKOK GUGUS AMINE UNTUK MENYERAP GAS KARBON DIOKSIDA (CO2)

Related Posts:

Mutiara Humor Lucu Abu Nawas Mendemo Hakim

Mutiara Humor Lucu Abu Nawas Mendemo Hakim - Berikut ini saya akan mengulas MUTIARA HUMOR yang sangat lucu dan menarik tentang Abu Nawas. Semoga cerita mutiara lucu ini bisa menjadi pembuka hati dan wawasan kita.


Seprti kita ketahui bahwa Abu Nawas adalah tokoh yang sangat cerdik dan cerdas. Dan banyak cerita Sufi tentang Abu Nawas membuka pikiran kita menjadi lebih segar dan kritis dalam memandang sesuatu permasalahan. Baiklah mari kita langsung saja menuju cerita berikut ini.

Mutiara Humor Lucu Abu Nawas Mendemo Hakim

Pada suatu sore, ketika Abu Nawas sedang mengajar murid-muridnya. Ada dua orang tamu datang ke rumahnya. Yang seorang adalah wanita tua penjual kahwa, sedang satunya lagi adalah seorang pemuda berkebangsaan Mesir.

Wanita tua itu berkata beberapa patah kata kemudian diteruskan olwh si pemuda Mesir. Setelah mendengar pengaduan mereka, Abu Nawas menyuruh murid-muridnya menutup kitab mereka. "Sekarang pulanglah kalian. Ajak teman-teman kalian datang kepadaku pada malam hari ini sambil membawa cangkul, penggali, kapak dan martil serta batu!"

  • Keheranan Murid-murid Abunawas
Murid-murid Abu Nawas merasa heran, namun mereka manut saja kepada sang guru, karena mereka merasa yakin gurunya selalu membuat kejutan dan berada di pihak yang benar.

Pada malam harimya mereka datang ke rumah Abu Nawas dengan membawa peralatan yang dimintanya. "Hai kalian semua, pergilah malam hari ini untuk merusak Tuan Kadi yang baru jadi!" perintah Abu Nawas.

"Hah! Merusak rumah Tuan Kadi?" gumam semua muridnya keheranan.

"Apa? Kalian jangan ragu. Laksanakan saja perintah gurumu ini!" kata Abu Nawas menghapus keraguan murid-muridnya. "Barangsiapa yang mencegahmu, jangan kau pedulikan, terus pecahkan saja rumah Tuan Kadi yang baru itu. Siapa yang bertanya, katakan saja aku yang menyuruh merusak. Barangsiapa yang  hendak melempar kalian, maka pukullah mereka dan lemparilah dengan batu!"

Habis berkata demikian, murid-murid Abu Nawas bergerak ke arah Tuan Kadi. Laksana demonstran, mereka berteriak-teriak menghancurkan rumah Tuan Kadi. Orang-orang kampung merasa heran melihat kelakuan mereka. Lebih-lebih ketika tanpa basa-basi lagi mereka langsung merusak rumah Tuan Kadi. Orang-orang kampung itu berusaha mencegah perbuatan mereka, namun karena jumlah murid-murid Abu Nawas terlalu banyak maka orang-orang kampung tak berani mencegah.

Melihat banyak orang merusak rumahnya, Tuan Kadi segera keluar dan bertanya,"Siapa yang menyuruh kalian merusak rumahku?"

Murid-murid itu menjawab,"Guru kami, Tuan Abu Nawas, yang menyuruh kami!" Habis menjawab begitu, mereka bukannya berhenti malah terus menghancurkan rumah Tuan Kadi hingga rumah itu roboh dan rata dengan tanah.

Tuan Kadi hanya bisa marah-marah karena tidak ada orang yang berani membelanya "Dasar Abu Nawas provokator, orang gila! Besok pagi aku akan melaporkannya kepada Baginda," katanya geram.

Benar, esok harinya Tuan Kadi mengadukan kejadian semalam sehingga Abu Nawas dipanggil menghadap Baginda.

Setelah menghadap Baginda, Abu Nawas ditanya, "Hai Abu Nawas apa  sebabnya kau merusak rumah Kadi itu?"

Abu Nawas menjawab,"Wahai Tuanku, sebabnya ialah pada suatu malam hamba bermimpi, bahwasannya Tuan Kadi menyuruh hamba merusak rumahnya. Sebab rumah itu tidak cocok baginya, ia menginginkan rumah yang lebih bagus lagi. Ya, karena mimpi itu maka hamba merusak rumah Tuan Kadi."

"Hai Abu Nawas, bolehkah hanya karena mimpi sebuah perintah dilakukan? Hukum dari negeri mana yang kau pakai itu?" tanya Baginda heran.

Dengan tenang Abu Nawas menjawab, "Hamba juga memakai hukum Tuan Kadi yang baru ini, Tuanku."

Mendengar perkataan Abu Nawas, seketika wajah Tuan Kadi pucat pasi. la terdiam seribu bahasa.

"Hai Kadi, benarkah kau mempunyai hukum seperti itu?" tanya Baginda.

Tuan Kadi diam tiada menjawab, wajahnya kian pucat, tubuhnya gemetaran karena takut.

"Abu Nawas, jangan membuatku pusing. Jelaskan kenapa ada peristiwa seperti ini!" perintah Baginda.

  • Peraturan HUKUM Hakim KADI yang Kejam
"Baiklah, "Abu Nawas berkata tenang. "Baginda... beberapa hari yang lalu ada seorang pemuda Mesir datang ke negeri Baghdad ini untuk berdagang sambil membawa harta yang banyak sekali. Pada suatu malam ia bermimpi kawin dengan anak Tuan Kadi dengan mahar (mas kawin) sekian banyak. Ini hanya mimpi Baginda. Tetapi Tuan Kadi yang mendengar kabar itu langsung mendatangi si pemuda Mesir dan meminta mahar anaknya. Tentu saja pemuda Mesir itu tak mau membayar mahar hanya karena mimpi. Nah, di sinilah terlihat arogansi Tuan Kadi. Ia ternyata merampas semua harta benda milik pemuda Mesir sehingga pemuda itu menjadi seorang pengemis gelandangan dan akhirnya ditolong oleh wanita tua penjual kahwa."

Baginda terkejut mendengar penuturan Abu Nawas, tapi masih belum percaya seratus persen, maka ia memerintahkan Abu Nawas agar memanggil si pemuda Mesir. Pemuda Mesir itu memang sengaja disuruh Abu Nawas menunggu di depan istana, jadi mudah saja bagi Abu Nawas memanggil pemuda itu ke hadapan Baginda.

Baginda berkata, "Hai anak Mesir, ceritakanlah hal-ihwal dirimu sejak engkau datang ke negeri ini!"

Ternyata cerita pemuda Mesir itu sama dengan cerita Abu Nawas. Bahkan pemuda itu juga membawa saksi, yaitu Pak Tua pemilik tempat kost dia menginap.

"Kurang ajar! Ternyata aku telah mengangkat seorang Kadi yang bejad moralnya."  Baginda sangat murka. Kadi yang baru itu dipecat dan seluruh harta bendanya dirampas dan diberikan kepada si pemuda Mesir.

Setelah perkara selesai, kembalilah si pemuda Mesir itu dengan Abu Nawas pulang ke rumahnya. Pemuda Mesir itu hendak membalas kebaikan Abu Nawas.

Namun Abu Nawas berkata, "Janganlah engkau memberiku barang sesuatu pun. Aku tidak akan menerimanya sedikit pun jua."

Pemuda Mesir itu betul-betul mengagumi Abu Nawas. Ketika ia kembali ke negeri Mesir ia menceritakan tentang kehebatan Abu Nawas itu kepada penduduk Mesir sehingga nama Abu Nawas menjadi sangat terkenal.

Related Posts:

Ulasan Lengkap Tokoh Sufi Syekh Ibnu Atha'illah Penulis Kitab Al-Hikam

Pada kesempatan istimewa ini kita membahas Tokoh Sufi Syekh Ibnu Atha'illah Penulis Al-Hikam - Nama lengkapnya adalah Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Atha’illah As-Sakandari. Ia lahir di Iskandariah (Mesir) pada 648 H/1250 M, dan meninggal di Kairo pada 1309 M. Julukan Al-Iskandari atau As-Sakandari merujuk kota kelahirannya itu.


Sejak kecil, Ibnu Atha’illah dikenal gemar belajar. Ia menimba ilmu dari beberapa syekh secara bertahap. Gurunya yang paling dekat adalah Abu Al-Abbas Ahmad ibnu Ali Al-Anshari Al-Mursi, murid dari Abu Al-Hasan Al-Syadzili, pendiri tarikat Al-Syadzili. Dalam bidang fiqih ia menganut dan menguasai Mazhab Maliki, sedangkan di bidang tasawuf ia termasuk pengikut sekaligus tokoh tarikat Al-Syadzili.

  • Ibnu Atha'illah tergolong ulama yang produktif
Ibnu Atha'illah tergolong ulama yang produktif. Tak kurang dari 20 karya yang pernah dihasilkannya. Meliputi bidang tasawuf, tafsir, aqidah, hadits, nahwu, dan ushul fiqh. Dari beberapa karyanya itu yang paling terkenal adalah kitab Al-Hikam. Buku ini disebut-sebut sebagai magnum opusnya. Kitab itu sudah beberapa kali disyarah. Antara lain oleh Muhammad bin Ibrahim ibnu Ibad Ar-Rasyid-Rundi, Syaikh Ahmad Zarruq, dan Ahmad ibnu Ajiba.

Beberapa kitab lainnya yang ditulis adalah Al-Tanwir fi Isqath Al-Tadbir, Unwan At-Taufiq fi’dab Al-Thariq, Miftah Al-Falah dan Al-Qaul Al-Mujarrad fil Al-Ism Al-Mufrad. Yang terakhir ini merupakan tanggapan terhadap Syekhul Islam ibnu Taimiyyah mengenai persoalan tauhid.

Kedua ulama besar itu memang hidup dalam satu zaman, dan kabarnya beberapa kali terlibat dalam dialog yang berkualitas tinggi dan sangat santun. Ibnu Taimiyyah adalah sosok ulama yang tidak menyukai praktek sufisme. Sementara Ibnu Atha'illah dan para pengikutnya melihat tidak semua jalan sufisme itu salah. Karena mereka juga ketat dalam urusan syari’at.

  • Ibnu Atha'illahSosok Yang Bersih dan Santun
Ibnu Atha'illah dikenal sebagai sosok yang dikagumi dan bersih. Ia menjadi panutan bagi banyak orang yang meniti jalan menuju Tuhan. Menjadi teladan bagi orang-orang yang ikhlas, dan imam bagi para juru nasihat.

Ia dikenal sebagai master atau syekh ketiga dalam lingkungan tarikat Syadzili setelah pendirinya Abu Al-Hasan Asy-Syadzili dan penerusnya, Abu Al-Abbas Al-Mursi. Dan Ibnu Atha'illah inilah yang pertama menghimpun ajaran-ajaran, pesan-pesan, doa dan biografi keduanya, sehingga khazanah tarikat Syadziliyah tetap terpelihara.

Meski ia tokoh kunci di sebuah tarikat, bukan berarti aktifitas dan pengaruh intelektualismenya hanya terbatas di tarikat saja. Buku-buku Ibnu Atha'illah dibaca luas oleh kaum muslimin dari berbagai kelompok, bersifat lintas mazhab dan tarikat, terutama kitab Al-Hikam.

  • Kitab Al-Hikam karya utama Ibnu Atha’illah
Kitab Al-Hikam ini merupakan karya utama Ibnu Atha’illah, yang sangat populer di dunia Islam selama berabad-abad, sampai hari ini. Kitab ini juga menjadi bacaan utama di hampir seluruh pesantren di Nusantara.

Syekh Ibnu Atha’illah menghadirkan Kitab Al-Hikam dengan sandaran utama pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Guru besar spiritualisme ini menyalakan pelita untuk menjadi penerang bagi setiap salik, menunjukkan segala aral yang ada di setiap kelokan jalan, agar kita semua selamat menempuhnya.

Kitab Al-Hikam merupakan ciri khas pemikiran Ibnu Atha’illah, khususnya dalam paradigma tasawuf. Di antara para tokoh sufi yang lain seperti Al-Hallaj, Ibnul Arabi, Abu Husen An-Nuri, dan para tokoh sufisme falsafi yang lainnya, kedudukan pemikiran Ibnu Atha’illah bukan sekedar bercorak tasawuf falsafi yang mengedepankan teologi. Tetapi diimbangi dengan unsur-unsur pengamalan ibadah dan suluk, artinya di antara syari’at, tarikat dan hakikat ditempuh  dengan cara metodis. Corak Pemikiran Ibnu Atha’illah dalam bidang tasawuf sangat berbeda dengan para tokoh sufi lainnya. Ia lebih menekankan nilai tasawuf  pada ma’rifat.

Pemikiran-pemikiran Jernih Ibnu Athaillah:  

Berikut adalah pemikiran jernih dan bijaksana Ibnu Athaillah tentang bagaimana menjalani jalur sufisme untuk menjaga keteguhan iman dan taqwa kepada Alloh SWT. Dengan bersandar pada Alloh kemudian Rasululloh berikut hal-hal indah diantaranya yang bisa kita petik dari Ibnu Athaillah.

Pertama, tidak dianjurkan kepada para muridnya untuk meninggalkan profesi dunia mereka. Dalam hal pandangannya mengenai pakaian, makanan,  dan kendaraan yang layak dalam kehidupan yang sederhana akan menumbuhkan rasa syukur kepada Allah dan mengenal rahmat Illahi.

"Meninggalkan dunia yang berlebihan akan menimbulkan hilangnya rasa syukur. Dan berlebih-lebihan dalam memanfaatkan dunia akan membawa kepada kezaliman. Manusia sebaiknya menggunakan nikmat Allah SWT dengan sebaik-baiknya sesuai petunjuk Allah dan Rasul-Nya," kata Ibnu Atha'illah.

Kedua, tidak mengabaikan penerapan syari’at Islam. Ia adalah salah satu tokoh sufi yang menempuh jalur tasawuf hampir searah dengan Al-Ghazali, yakni suatu tasawuf yang berlandaskan kepada Al-Qur’an dan Sunnah. Mengarah kepada asketisme, pelurusan dan penyucian jiwa (tazkiyah an-nafs), serta pembinaan moral (akhlak), suatu nilai tasawuf yang dikenal cukup moderat.

Ketiga,  zuhud tidak berarti harus menjauhi dunia karena pada dasarnya zuhud adalah mengosongkan hati selain daripada Tuhan. Dunia yang dibenci para sufi adalah dunia yang melengahkan dan memperbudak manusia. Kesenangan dunia adalah tingkah laku syahwat, berbagai keinginan yang tak kunjung habis, dan hawa nafsu yang tak kenal puas. "Semua itu hanyalah permainan (al-la’b) dan senda gurau (al-lahwu) yang akan melupakan Allah. Dunia semacam inilah yang dibenci kaum sufi," ujarnya.

Keempat,  tidak ada halangan bagi kaum salik untuk menjadi miliuner yang kaya raya, asalkan hatinya tidak bergantung pada harta yang dimiliknya. Seorang salik boleh mencari harta kekayaan, namun jangan sampai melalaikan-Nya dan jangan sampai menjadi hamba dunia. Seorang salik, kata Ibnu Atha'illah, tidak bersedih ketika kehilangan harta benda dan tidak dimabuk kesenangan ketika mendapatkan harta.

Kelima, berusaha merespons apa yang sedang mengancam kehidupan umat, berusaha menjembatani antara kekeringan spiritual yang dialami orang yang hanya sibuk dengan urusan duniawi, dengan sikap pasif yang banyak dialami para salik.

Keenam, tasawuf adalah latihan-latihan jiwa dalam rangka ibadah dan menempatkan diri sesuai dengan ketentuan Allah. Bagi Syekh Atha'illah, tasawuf memiliki empat aspek penting yakni berakhlak dengan akhlak Allah SWT, senantiasa melakukan perintah-Nya, dapat menguasai hawa nafsunya serta berupaya selalu bersama dan berkekalan dengan-Nya secara sunguh-sungguh.

Ketujuh, dalam kaitannya dengan ma’rifat Al-Syadzili, ia berpendapat bahwa ma’rifat adalah salah satu tujuan dari tasawuf yang dapat diperoleh dengan dua jalan; mawahib, yaitu Tuhan memberikannya tanpa usaha dan Dia memilihnya sendiri orang-orang yang akan diberi anugerah tersebut; dan makasib, yaitu ma’rifat akan dapat diperoleh melalui usaha keras seseorang, melalui ar-riyadhah, dzikir, wudhu, puasa ,sahalat sunnah dan amal shalih lainnya.

Sekarang melalui Ulasan Lengkap Tokoh Sufi Syekh Ibnu Atha'illah Penulis Kitab Al-Hikam di atas semoga temen-temen bisa bertambah kenal dengan Ibnu Atha'illah.

Related Posts:

Cara Cerdas Mahasiswa Belajar Agama dari Sisi Arsitektur

Inilah ulasan Cara Cerdas Mahasiswa Belajar Agama dari Sisi Arsitektur - Laboratorium Agama dan Budaya Lokal (Label) UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta kembali menggelar diskusi rutin untuk mahasiswa. Kali ini, diskusi yang dilaksanakan pada Selasa (27/1/2015) di ruang Smart Room Fakultas Ushuluddin mengangkat tema Understanding Cultural dan Religous Heritage in Indonesi.


Penanggung jawab acara sekaligus Koordinator Kajian Ilmiah UIN, Muryana, menjelaskan diskusi bertujuan mengenalkan mahasiswa terhadap cara-cara memahami agama. Agama tidak hanya dipelajari melalui dakwah tetapi juga melalui bidang arsitek.

Konteks Agama Budaya Di Mata Para Mahasiswa

“Konteks agama budaya ternyata menyimpan value yang dapat dicapai sehingga belajar agama tidak lepas dari kehidupan sosial dan budaya,” kata Muryana kepada Harianjogja.com.

Melalui diskusi yang dibawakan dua narasumber, Djoko Wijono dari Pusat Pariwisata (Puspar) UGM dan Ustadi Hamsah dari Perbandingan Agama UIN, dijelaskan selama ini masyarakat hanya mengenal cultural heritage. Bangunan berunsur kebudayaan menjadi aset yang harus dijaga pelestariannya. Namun sebenarnya bangunan bermuatan agama pun juga mengandung nilai heritage bagi negara.

“Kita kenalkan religius haritage di Indonesia. Situs agama tidak hanya untuk wisata, tidak untuk komoditas tetapi juga untuk edukasi,” tegas Muryana.

Sementara itu, Djoko Wijono mengatakan arsitek Indonesia saat ini masih banyak berkiblat pada arsitektur barat. Padahal Indonesia juga memiliki konsep dalam tata arsitek, seperti konsep Saged yang digunakan dalam pembangunan arsitektur kota di Jawa.

“Arsitektur berhubungan dengan budaya. Dalam budaya sendiri masih memiliki subsistem di antaranya tata nilai, perilaku dan tata fisik. Ketiganya saling berhubungan dalam membentuk sebuah bangunan,” kata Djoko.

Menambahkan, Ustadi menyampaikan bahwa bangunan yang menjadi religius heritage dapat ditemui di daerah Magelang, yaitu Candi Borobudur. Ia mengatakan bahwa masing-masing agama memiliki budaya yang berbeda-beda.

“Saat kita lihat Candi Borobudur yang berlatar Buddha tentu beda dengan Candi Prambanan yang dari Hindu. Tidak ada stupanya,” katanya. Di situlah tiga subsistem berlaku. Peradaban dapat melahirkan budaya dan pada akhirnya budaya melahirkan arsitek.

Related Posts:

Skripsi Teknik Kimia PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH & Daftar Skripsi Teknik Kimia

Berikut adalah contoh Skripsi PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH DENGAN METODE DISTILASI REAKTIF UNTUK PRODUKSI BIODIESEL BERDASARKAN RASIO UMPAN - Pembuatan Biodiesel berdasarkan rasio umpan yang berupa minyak dan methanol dengan bantuan katalis basa yakni NaOH. Rasio yang digunakan yaitu rasio volume minyak dan methanol dengan perbandingan 1 : 4,5 ; 1 : 5 dan 1 : 6. Tujuan dari pengaruh rasio umpan yakni untuk mengetahui kuantitas dan kualitas hasil produk paling optimum dari rasio umpan yang digunakan.


Alat yang digunakan dalam pembuatan biodiesel adalah distilasi reaktif. Distilasi reaktif yaitu alat yang mengkombinasikan antara distilasi dan reaksi dalam satu unit kolom.Dalam pembuatan biodiesel menggunakan alat distilasi reaktif dengan 3 variabel yang masing-masing prosesnya dilakukan selama 6 menit pada suhu 65 ˚C. Setelah 6 menit kemudian diambil produk bawahnya dan dipisahkan dengan gliserol sehingga hanya didapatkan produk biodieselnya.

Setelah dilakukan uji analisa pada biodiesel, diperoleh biodiesel dari masingmasing variable sebesar 1660 ml, 1680 ml dan 1730 ml. Biodiesel tersebut menghasilkan rendemen masingmasing variable sebanyak 100 %, densitas sebesar 0,80 gr/ml ; 0,78 gr/ml dan 0,77 gr/ml.

Viskositas sebesar 10,29 cp ; 9,71 cp dan 9,55 cp. Dari data tersebut kualitas biodiesel yang paling baik yaitu pada variable pertama ( 1 : 4,5 ), dikarenakan juga bila ditinjau dari tinggi api pada variabel pertama menghasilkan nyala api yang paling tinggi dari pada variabel yang lain. Kata Kunci Skripsi: Biodiesel, Distilasi Reaktif,Rasio Umpan.

Daftar Jusul Skripsi Teknik Kimia Lainnya

Efisiensi Pemurnian Minyak Nilam Menggunakan Distilasi Vacum Gelombang Mikro (Efficiency Purification Patchouli Oil Using Microwave Vacum Distilation ).

PENGARUH KECEPATAN DAN LAMA SENTRIFUGASI TERHADAP HASIL PEMISAHAN SABUN PADA PROSES SAPONIFIKASI (Effect of Speed and Centrifugation Periode on the Separation Results Soap in Saponification Process ).

PENGARUH KADAR GLUKOSA PADA PEMBUATAN ANGGUR DARI NANAS (Ananas comosus) Influence Of Glucose Content In Wine Making Of Pineapple (Ananas Comosus).

PENGARUH KECEPATAN SENTRIFUGASI TERHADAP KEMURNIAN GLISEROL SEBAGAI HASIL SAMPING PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK GORENG BEKAS (The Influence of Speed Centrifugation About Preserving The Purity of Glycerol as a By-Product In The Manufacture of Biodiesel from Waste Cooking Oil).

PROSES PEMISAHAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DENGAN METODE SENTRIFUGASI (Separation Process Of Virgin Coconut Oil (VCO) Method With Centrifugation).

PENGARUH WAKTU DAN SUHU PADA PEMBUATAN KERIPIK WORTEL DENGAN VACCUM FRYING (The Effect of Time and Temperature on the Manufacture of Carrot Chips with Vaccum Frying).

PEMBUATAN MINYAK JAHE DARI AMPAS JAHE SEGAR DENGAN CARA DISTILASI UAP-AIR PADA TEKANAN VAKUM (Ginger Oil Production from Fresh Ginger Pulp with Steam Distillation

UJI ORGANOLEPTIK TERHADAP PENGARUH WAKTU HOMOGENISASI PADA PEMBUATAN ES KRIM BUAH NAGA ( Test organoleptic of the effect homogenizasion time on making ice cream dragon fruit).

Pembuatan Yogurt dari Kacang Tunggak (Vigna Unguiculata) dengan Starter Lactobacillus Bulgarius dan Streptococcus thermophilus Menggunakan Fermentor Producing Yogurt from Tunggak Beans (Vigna Unguculata) with Lactobacillus Bulgarius and Streptococcus thermophilus Starter Using Fermentor.

PENGARUH PENAMBAHAN ENZIM α –AMILASE TERHADAP KARAKTERISTIK MALTODEKSTRIN GAPLEK SECARA ENZIMATIS (The added of α –amylase enzim’s influence to the maltodekstrin of gaplek’s characteristic enzimatically ).

UJI KINERJA PROSES DISTILASI KOHOBASI PADA TEKANAN VAKUM GUNA PRODUKSI MINYAK KUNYIT DARI RIMPANG KUNYIT (Performance Test of Chohobation Distillation Process on Vacuum Pressure to Ginger Oil Production from the Rhizomes Turmeric).

PEMBUATAN ES KRIM PROBIOTIK DARI BUAH BIT( Beta vulgaris L)SEBAGAI PEWARNA DAN PERISA ALAMI DENGAN ICE CREAM MAKER ( Production of Probiotic Ice Cream From Beet Root as Dyes and Natural Flavor with Ice Cream Maker).

ANALISA KADAR ALKOHOL HASIL FERMENTASI KETAN DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS DAN UJI AKTIFITAS Saccharomyces cereviceae SECARA MIKROSKOPIS (Analysis of Alcohol Content Fermented Glutinous by Method Chromatography Gas and Test Activity Saccharomyces Cereviceae in a Microscopic Manner).

IDENTIFIKASI BUTIR-BUTIR LEMAK DAN BAKTERI PATOGEN PADA SUSU DENGAN MENGGUNAKAN MIKROSKOP BINOKULAR XSZ-107BN (IDENTIFICATION OF GRAIN’S FAT AND BACTERIA IN MILK USING PATHOGEN BINOCULAR MICROSCOPE XSZ-107BN).

MODIFIKASI TEPUNG SUKUN (Artocarpus altilis)MENJADI MALTODEKSTRIN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT REAKTOR ENZIMATIK DAN PENAMBAHAN ENZIM α-amilase (Modification breadfruit artocarpus altilis into flour using a maltodextrin with enzymatic reactor and the addition of the enzyme α-amylase ).

PEMBUATAN ES KRIM SEMANGKA MENGGUNAKAN ALAT HOMOGENIZER Ice Cream Watermelon Making by Using a Homogenizer.

PEMBUATAN ES KRIM SEHAT DARI BROKOLI DENGAN VARIABEL WAKTU HOMOGENISASI (Making Healthy Ice Cream of Broccoli with a Variable Time of Homogenization).

OPTIMASI SEPARASI PADA PEMISAHAN GLISEROL HASIL PROSES HIDROLISA MINYAK KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis) (Optimization of Glycerol Separation in the Hydrolysis of Palm Oil Process Results).

UJI KINERJA RANCANGAN ALAT DESTILASI UAP AIR PADA TEKANAN VAKUM UNTUK PRODUKSI MINYAK NILAM DENGAN VARIABEL METODE PENGERINGAN BAHAN BAKU (Performance Test of Water Vapor Distilation Design on Vacuum Pressure for Patchouli Oil Production With Variable Drying Method Raw Materials).

KURNIANTO, YEYEN (2013) OPTIMALISASI KANDUNGAN KURKUMIN DALAM TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTILASI VAKUM (Optimization the Content of Curcumin in Ginger (Curcuma xanthorriza) by Using Vacuum Distillation Methode).

PENGGUNAAN GAYA CENTRIFUGASI TERHADAP PENGUJIAN KANDUNGAN LEMAK PADA SUSU PEMERAHAN SAPI DENGAN SUSU RENDAH LEMAK PASTEURISASI (The Use of Centrifugal Force on The Analysis of Fat Content In The Low Fat Pasteurized Milk).

PEMBUATA SIRUP GLUKOSA BERBAHAN BAKU JAGUNG (Zea Mays) MENGGUNAKAN ALAT REAKTOR ENZIMATIS.

PEMBUATAN YOGHURT DARI BIJI NANGKA DENGAN STARTER LACTOBACHILUS BULGARICUS DAN STREPTOCOCUS THERMOPHILUS MENGGUNAKAN ALAT FERMENTOR DENGAN VARIASI SUKROSA DAN STARTER (yoghurt making of seeds jackfruit with starter lactobachilus bulgaricus and streptococcus thermophilus tool using fermentor variation with sucrose and starter).

PROSES PEMISAHAN SARI BUAH MARKISA KUNING(Passifloraflavicarva)DENGAN PENERAPAN METODESENTRIFUGASI (Process Separation Essence Yellow Markisa Fruit (Passifloraflavicarva) With The Applying of CentrifugationMethod).

PENGGUNAAN ALAT ICE CREAM MAKER UNTUK PEMBUATAN ES KRIM ASAM JAWA (Tamarindus indica L) DENGAN PERUBAHAN VARIABEL WAKTU (The use of ice cream maker for making ice cream tamarind (Tamarindus indica L) with the change of time variable).

PENGARUH TEKNIK PEMOTONGAN BAHAN BAKU DALAM PEMBUATAN MINYAK NILAM(Patchouli Oil)DENGAN METODE DISTILASI VAKUM (Effect ofMaterialsCuttingTechniques in ProductionofPatchouli Oil withVacuumDistillationMethods).

UJI KINERJA ALAT GRANULATOR DALAM PEMBUATAN TEPUNG KAYA SERAT DARI LABU KUNING (Cucurbita moschata) (Performance Test of Granulator for Making Powder Full Fiber from Pumpkins (Cucurbita moschata).

PENGARUH KONSENTRASI ENZIM α-AMILASE DAN WAKTU PADA PEMBUATAN DEKSTRIN PATI JAGUNG DALAM UJI KERJA REAKTOR ENZIMATIS (Effect of Enzyme α-Amylase Concentration and Time of Making the Corn Starch for Enzymatic Reactor Performance Test).

UJI KINERJA ALAT GRANULATOR GUNA PRODUKSI MINUMAN INSTAN BUBUK KAYA ANTIOKSIDAN DARI LIMBAH KULIT BUAH MANGGIS (Performance Test of Granulator for Prroduction Of Antioxidant Instant Powder Beverages from Mangosteen Waste).

PEMBUATAN ES KRIM SIRSAK (Annona muricata L.) dan ANALISA EKONOMI PRODUKNYA Making Soursop (Annona muricata L.) Ice Cream and Product Economy Analysis.

PENGARUH KECEPATAN DAN LAMA SENTRIFUGASI TERHADAP HASIL PEMISAHAN SABUN PADA PROSES SAPONIFIKASI (Effect of Speed and Centrifugation Periode on the Separation Results Soap in Saponification Process ).

PENGARUH WAKTU PADA PEMBUATAN ICE CREAM KACANG MERAH DENGAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN ICE CREAM MAKER (Effect of time in making of red peanut ice cream with soybean milk by using icream maker).

OPERASI DISTILASI VAKUM TERHADAP RIMPANG KUNYIT SECARA KOHOBASI DAN UAP AIR UNTUK MENGHASILKAN MINYAK KUNYIT (Operating Vacuum Distillation of Turmeric Rhizome in Chohobation and Water Steam to Produce Turmeric Oil ).

PEMBUATAN ES KRIM KACANG HIJAU DENGAN SUSU KEDELAI SEBAGAI MAKANAN RENDAH LEMAK MENGGUNAKAN ICE CREAM MAKER (Making Greenpea Ice Cream with Soy Milk as Low-fat Foods by Ice Cream Maker).

PENGARUH WAKTU DAN SUHU PADA PEMBUATAN KERIPIK BENGKOANG DENGAN VACCUM FRYING (The Time of Effect and Temperature on the Manufacture of Bengkoang Chips with Vaccum Frying).

PEMBUATAN SIRUP GLUKOSA DARI UBI JALAR (Ipomoea Batatas L) DENGAN MENGGUNAKAN REAKTOR ENZIMATIS.

RANCANG ALAT DAN OPTIMASI PUTARAN Rpm PADA PEMBUATAN ES KRIM UBI CILEMBU DENGAN RASA DURIAN (Tool Design and Optimization of Round Rpm Cilembu Making Ice Cream with Sweet Taste of Durian).

PEMBUATAN HERBATIC (HERBAL NABATIC ICE CREAM) EKSTRAK JAHE MENGGUNAKAN SISTEM MIXING DAN KONTROL RPM (Making HERBATIC Herbal Nabatic Ice Cream Ginger Extract Using Mixing System And Rpm Control).

FERMENTASI AMPAS JAHE DENGAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE UNTUK MENINGKATKAN RENDEMEN DESTILASI VACCUM MINYAK JAHE (Ginger Oil Production from Fresh Ginger Pulp with Steam Distillation Process on Vacuum Pressure).

Pemanfaatan Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) untuk Produksi Minyak Temulawak dengan Distilasi Vakum (Utilization for The Production of Ginger Rhizome of Ginger Oil with Vacuum Distilation).

PENGARUH SUHU PEMBUATAN MALTODEKSTRIN GAPLEK DENGAN BANTUAN ENZIMα -AMILASE MENGGUNAKAN REAKTOR ENZIMATIS (The influence of temperature making maltodekstringaplek with the help of an enzyme α -amilase use of enzymatic reactor)

Pengaruh Kecepatan Sentrifugasi dalam Pembuatan Minyak Kelapa (VCO) dari Santan dengan Penambahan Formulasi Ragi dan Sari Buah Pepaya (Effect of Centrifugation Speed in Making Coconut Oil (VCO) from coconut milk with the addition of yeast formulation and Papaya Fruit Extract).

PENGARUH PENAMBAHAN ENZIM α-amilase, PERUBAHAN WAKTU,DAN SUHU TERHADAP KARAKTERISTIK MALTODEKSTRIN TEPUNG SUKUN (Artocarpus Communis) MENGGUNAKAN REAKTOR ENZIMATIK (Effect addition of enzyme α-amylase switch time and temperature toward characteristic of maltodextrin Breadfruit Artocarpus Altilis flour using enzymatic reactor).

Related Posts:

Daftar Judul TA Skripsi Teknik Kimia Terbaru Lengkap

Daftar Judul TA Skripsi Teknik Kimia Terbaru Lengkap - Kita mulai lagi daftar judul skipsi atau TA teknik kimia terbaru yang bisa temen-temen jadikan bahan pertimbangan dalam menentukan judul skripsi.


Teknik kimia memang banyak membahas skripsi tentang memproduksi atau pabrikasi. Jadi seolah olah bisnis apapun bisa dilakukan oleh temen-temen mahasiswa teknik kimia. Para temen-temen mahasiswa teknik kimia memang sangat cocok untuk menjadi seorang pengusaha besar.

Baiklah, berikut ini adalah Daftar Judul TA Skripsi Teknik Kimia Terbaru Lengkap yang bisa temen-temen jadikan pertimbangan juga dalam membuat skripsi. Mari kita langsung saja.

Daftar Judul TA Skripsi Teknik Kimia Terbaru Lengkap

TA-EKSTRAKSI MINYAK BIJI KARET,

PRARANCANGAN PABRIK HIDROGEN PEROKSIDA PROSES AUTOOKSIDASI 2-ETHYL ANTHRAQUINONE KAPASITAS 40.000 TON PER TAHUN,

TA_PRARANCANGAN PABRIK AKROLEIN DENGAN OKSIDASI PROPILEN KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN,

TA_PEMBUATAN MINYAK KELAPA MURNI ( VIRGIN COCONUT OIL ) MENGGUNAKAN FERMENTASI RAGI TEMPE

TA_PRARANCANGAN PABRIK ETIL AKRILAT DARI ETANOL DAN ASAM AKRILAT Kapasitas 20.000 Ton / Tahun,

TA_PRARANCANGAN PABRIK DIOCTYL PHTHALATE DARI PHTHALIC ANHYDRIDE DAN 2-ETHYL HEXANOL DENGAN KAPASITAS 30.000 TON / TAHUN,

PRARANCANGAN PABRIK ISOPROPIL ASETAT DARI ASAM ASETAT DAN PROPILEN KAPASITAS 50.000 TON / TAHUN

PRARANCANG PABRIK BUTYLENE OXIDE DARI BUTYLENE KAPASITAS 16.000 TON/ TAHUN

PRARANCANGAN PABRIK ISOBUTYLENE DARI TERT BUTYL ALCOHOL KAPASITAS 90.000 TON/TAHUN

TUGAS AKHIR PRARANCANGAN PABRIK DIMETIL TEREPHTALAT DARI ASAM TEREPHTALAT DAN METANOL DENGAN KATALIS ALUMINA AKTIF KAPASITAS 80,000 TON/TAHUN

PEMBUATAN MESIN PRESS HIDROLIK UNTUK PENGAMBILAN MINYAK DARI BIJI BIJIAN,

TA_PEMBUATAN BIOETANOL DARI PATI GARUT DENGAN HIDROLISA ASAM,

TA_EKSTRAKSI MINYAK BIJI KARET,

PRARANCANGAN PABRIK ISOPROPIL ASETAT DARI ASAM ASETAT DAN PROPILEN KAPASITAS 50000 TON/TAHUN

TA_PRARANCANGAN PABRIK ETIL AKRILAT DARI ETANOL DAN ASAM AKRILAT Kapasitas 20.000 Ton / Tahun,

TA_PRARANCANGAN PABRIK ASAM BENZOAT PROSES OKSIDASI TOLUEN DENGAN UDARA KAPASITAS 32.500 TON / TAHUN,

TA_PRARANCANGAN PABRIK DIMETIL TEREPHRALAT DARI ASAM TEREPHTALAT DAN METANOL DENGAN KATALIS ALUMINA AKTIF KAPASITAS 80.000 TON/TAHUN

TA_PRARANCANGAN PABRIK VINYL ACETATE DARI ACETYLENE DAN ACETIC ACID KAPASITAS 50.000 TON/TAHUN

SISTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPLEKS TRISODIUM

TA_PEMBUATAN MESIN PRESS HIDROLIK UNTUK PENGAMBILAN MINYAK DARI BIJI BIJIAN,

Related Posts: