Rahasia Sukses Belajar Efektif di Kampus Universitas (Tips Wajib Bagi Para Mahasiswa)

Rahasia Sukses Belajar Efektif di Kampus Universitas (Tips Wajib Bagi Para Mahasiswa) - Jangan sia-siakan masa belajar di kampus Anda. Menjadi seorang mahasiswa adalah sebuah anugerah yang sangat besar karena tidak semua orang bisa mengenyam bangku kuliah mengingat tingginya biaya kuliah di Indonesia ini.


Dari kenyataan tersebut saya mencoba untuk berbagi TIPS PENTING sukses belajar di Universitas. Sebaiknya temen-temen menyimak tipsi-tips berikut ini dan sekaligus menerapkannya semaksimal mungkin agar mencapai kesuksesan yang tinggi dalam belajar.

Rahasia Sukses Belajar Efektif di Kampus Universitas

MENJADI pembelajar efektif enggak hanya berarti kita mampu belajar dengan cepat. Kita pun harus melengkapinya dengan faktor kritis lain seperti pengulangan dan transfer pengetahuan.

Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar menjadi pembelajar yang lebih efektif.

1. Peningkatan memori
Langkah paling mendasar adalah meningkatkan fokus, menghindari belajar dengan sistem kebut semalam dan merencanakan sesi belajar.

2. Tetap belajar dan mempraktikkan hal baru
Jika belajar bahasa asing, maka kamu harus terus mempraktikkannya untuk menjaga pencapaianmu. Prinsip "gunakan atau hilang" tersebut melibatkan proses otak yang disebut "pruning." Beberapa hubungan di otak dijaga, sedangkan hubungan lainnya terputus. Jadi, jika kamu ingin pelajaran baru terus menempel di otak, maka kamu perlu terus mempraktikkan dan mengulanginya.

3. Belajar dalam berbagai cara
Coba belajar dalam berbagai cara. Misalnya, selain belajar bahasa melalui rekaman percakapan (audio), coba tingkatkan kemampuan belajar secara visual (misalnya dengan gambar) dan verbal (misalnya dengan berbicara). Cara ini membuatmu harus menjelaskan apa yang sedang dipelajari kepada teman, mencatat atau membuat peta pemikiran. Belajar dalam berbagai cara akan membuat pengetahuanmu lebih terpatri di otak.

4. Manfaatkan pengetahuan lama untuk belajar hal baru
Kamu bisa menghubungkan informasi baru dengan berbagai hal yang telah kamu ketahui sebelumnya. Misalnya, ketika mempelajari karya sastra, kamu bisa mengasosiasikannya dengan sejarah pada masa karya tersebut dibuat dan informasi relevan lainnya.

5. Praktik
Jangan puas dengan hanya membaca. Praktikkan juga berbagai hal yang kamu pelajari agar kamu memiliki pemahaman lebih baik. Jika belajar tentang cabang olahraga tertentu, cobalah melakukan olahraga tersebut. Jika belajar bahasa, cobalah berbicara dalam bahasa tersebut, dan sebagainya.

6. Cari jawaban, jangan mengingat
Lupa akan beberapa informasi adalah hal wajar. Tetapi, sebuah riset menunjukkan, ketimbang mengingatnya sekuat tenaga, akan lebih efektif jika kita mencari jawaban yang benar. Semakin kuat kita mencoba mengingat, maka peluang kita lupa lagi sebenarnya juga kian besar. Sebab, upaya mengingat tersebut akan diterjemahkan sebagai "kesalahan" oleh otak.

7. Paham cara belajar terbaik
Semua orang punya cara belajar paling efektif untuk diri mereka. Entah itu belajar sambil mendengarkan musik, dalam suasana sepi, atau sambil memainkan benda. Temukan cara belajar terbaik, dan kamu akan menjadi pembelajar yang lebih efektif.

8. Ujian
Yup, mengerjakan ujian adalah cara lebih baik untuk mengingat apa saja yang telah kamu pelajari. Jadi, jangan malas mengerjakan berbagai latihan soal di bukumu, ya!

9. Jangan multitasking
Mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu ternyata membuat sesi belajar kurang efektif. Dengan beralih dari satu tugas ke tugas lain, kamu akan belajar lebih lambat dan lebih banyak melakukan kesalahan. Fokuslah pada satu kegiatan, selesaikan dalam waktu tertentu, dan kemudian beralihlah ke pekerjaan berikutnya.

10. Kebiasaan
Menjadi pembelajar yang lebih efektif sangat membutuhkan waktu. Kamu harus sering latihan dan memiliki kegigihan. Kuncinya adalah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, dan hasil lebih baik pun akan kamu dapatkan.

Related Posts:

0 Response to "Rahasia Sukses Belajar Efektif di Kampus Universitas (Tips Wajib Bagi Para Mahasiswa)"

Posting Komentar